Stimulasi Bayi untuk Duduk

Waktu itu saya posting artikel tentang cara men-stimulasi bayi untuk tengkurap, lalu pada request gimana cara stimulasi bayi untuk duduk. Saya share aja yah cara saya plus gabungan dari beberapa referensi yang saya baca.

Kalau ditanya, usia berapa sih sudah boleh belajar mendudukkan anak? Jawabannya, balik ke kondisi anak masing-masing yah Moms, karena perkembangan tiap anak berbeda. Rata-rata saat bayi berusia 3-4 bulan, ia sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri dengan tegak. Makanya biasanya orangtuanya juga mulai menggendongnya dengan posisi menghadap ke depan seperti layaknya posisi duduk. Lalu, bayi akan mulai belajar duduk saat berusia 4-8 bulan, namun ada juga bayi yang baru bisa benar-benar bangun duduk sendiri saat di usia 9 bulan. Jadi Moms tinggal lihat bagaimana kesiapan anak masing-masing.

Saya sendiri mulai mendudukkan Gavin itu saat usia dia 5 bulanan. Lalu di usia 7 bulanan, Gavin sudah bisa duduk dengan tegak tapi tetap mesti didudukkan dengan bantuan orang lain. Dan baru benar-benar bisa bangun duduk sendiri persis saat usianya genap 9 bulan. Ini normal yah Moms. Jadi kalau ada yang merasa kok anaknya telat duduk, bisa lihat case saya ini.

Bagaimana cara men-stimulasi bayi untuk duduk?
πŸ’• Awalnya saya mendudukkan Gavin di pinggiran sofa yang ada bantalannya sehingga posisi duduknya disangga oleh bantalan sofa.

πŸ’• Kadang-kadang saya mendudukkan Gavin di pangkuan atau di depan saya, dan saya duduk menyangga punggungnya.

πŸ’• Lakukan sesekali dengan melihat kondisi bayi, jangan dipaksa jika bayi kelihatan tidak nyaman atau lelah. Dan juga jangan didudukkan terlalu lama.

πŸ’• Lama-kelamaan, saya dudukkan Gavin di kasur dengan bersandar pada bantal di belakangnya. Kalau dia sudah mulai merosot turun, saya sudahi.

πŸ’• Saat mulai MPASI, saya mendudukkan Gavin di highchair yang mempunyai posisi kemiringan yang bisa diatur. Hal ini membuat Gavin terbiasa duduk, bahkan ia sering sekali memajukan badannya sendiri.

πŸ’• Saat saya melihat punggungnya sudah mulai kuat, saya mulai mendudukkan Gavin di kasur tanpa bantalan. Awalnya hanya bertahan beberapa detik dan terjatuh, lama-kelamaan durasinya mulai panjang.

πŸ’• Ajarkan bayi menggunakan tangannya untuk menopang badannya saat ia duduk. Awalnya biasa hanya menggunakan 1 tangan, lama-lama bisa menggunakan 2 tangan.

πŸ’• Saat Gavin mulai cukup panjang durasi duduknya kalau saya bantu dudukkan, maka saya cukup sering mendudukkannya baik di kasur maupun playmat, dan Gavin kelihatan senang saat ia bisa duduk. Kemudian dia pun sudah bisa duduk dengan tegak, hingga usia 9 bulan bisa bangun duduk sendiri.

Yang perlu diingat, perkembangan tiap anak berbeda, Moms, jadi lakukan stimulasi dengan memperhatikan kondisi anak masing-masing yah, jangan over-stimulasi juga, tapi tetap perhatikan juga perkembangannya apakah masih dalam jalur perkembangan yang normal. Kalau ada yang ragu, ikuti kata hati, better cek ke ahlinya. Semoga bermanfaat 😊

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *