Mommy Loves You, Unconditionally!

Tidak perlu ditanya lagi, setiap Ibu pasti sayang sekali pada anaknya. Rasanya semua hal akan dilakukan demi kebahagiaan anak. Namun terkadang, rasa sayang tersebut lupa diungkapkan setiap hari bahkan mungkin cenderung “ditawar” pada kondisi tertentu.

Baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, mungkin kalimat seperti, “Kalau kamu ga mau dengerin Mommy, nanti Mommy ga sayang kamu lagi yah,” terucap saat Ibu merasa kesal. Atau kalimat seperti, “Ayo donk beresin mainannya, nanti Mommy tambah sayang loh,” terucap dengan harapan anak akan menuruti perkataan Ibunya.

Saya pribadi, tidak pernah bilang kalau saya tidak akan sayang lagi kepada Gavin, karena saya tau hal tersebut akan berakibat buruk bagi dirinya. Dia akan merasa trauma, ketakutan dan mempertanyakan rasa sayang dari Mommy-nya. Namun untuk kalimat kedua seperti, “Nanti Mommy makin sayang yah,” kadang sempat terucap oleh saya.

Sampai beberapa hari yang lalu saya membaca suatu bagian dalam buku Sekotak Cokelat bagi Ayah Bunda (Buku Satu) karangan Ibu @hchannacarol (thank you for reminding me, Bu 🙏🏻). Dalam bagian tersebut beliau menuliskan bahwa kasih sayang orangtua terhadap anaknya harusnya tanpa syarat, unconditionally. Anak tidak harus membuktikan apapun juga untuk mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya. Apapun yang terjadi pada diri si anak, orangtua tetap akan mengasihi dan menyayangi anak-anaknya.

Saya bagai ditampar! Langsung merasa bersalah dan mohon ampun sama Tuhan. Yah, Gavin tidak harus beresin mainannya supaya saya tambah sayang sama dia, dia ga harus makan lebih banyak supaya saya makin sayang sama dia. Dia ga harus buktiin apapun juga untuk mendapatkan kasih sayang saya yang berlimpah. Dia berhak akan kasih sayang dari saya, tanpa syarat! Sebagai Ibunya, sebagai orangtuanya, sudah selayaknya saya menghujaninya dengan kasih sayang.

Sejak malam itu saya berjanji, ga akan pernah mengucapkan kalimat itu lagi kepada Gavin. Sama seperti Tuhan akan selalu menyayangi kita anak-anaknya, Mommy pun akan selalu menyayangi Gavin, tanpa syarat!

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *