Anak Merengek di Mal? Begini Cara Mengatasinya

Menghadapi anak di usia toddler seperti Gavin, tantangan bisa muncul dimana saja, salah satunya bisa saat bepergian ke Mal. Sering kita lihat atau bahkan hadapi sendiri, terkadang anak akan merengek minta dibelikan mainan atau ingin main di playground. Tak jarang, hal ini membuat mereka menangis. Gavin sendiri selama ini belum pernah merengek dibelikan mainan. Yang lebih sering terjadi adalah dia ingin main di playground misalnya, atau naik kereta-keretaan. Biasanya dia akan menarik-narik badannya ke arah yang dituju, tidak mau diajak jalan, atau merengek, atau menangis.

Nah, kalau dia sudah begini, saya mesti pinter-pinter membujuknya. Puji Tuhan, selama ini rengekan itu belum pernah berubah jadi tantrum. Jadi yang akan saya bahas disini adalah jika anak merengek atau menangis, dimana tangisannya masih tidak berlebihan, atau BUKAN tantrum, karena untuk anak tantrum di Mal, penanganannya akan berbeda yah.

Ketika Gavin merengek minta main dan memang belum bisa kami penuhi, yang saya lakukan biasanya :
🦄 Rendahkan tubuh hingga posisi kepala kita sejajar dengan kepala anak. Dengan merendahkan tubuh seperti ini, kita menyejajarkan posisi kita dengan si anak sehingga mereka akan merasa lebih dihargai, merasa bahwa kemauan mereka juga penting untuk didengarkan.
🦄 Tatap wajah anak dan pastikan anak juga menatap wajah kita saat berbicara. Biasanya saya akan memegang kedua pundaknya supaya Gavin melihat ke arah saya.
🦄 Berbicara dengan lembut dan pelan, terkadang saya bahkan bicara sambil berbisik-bisik. Saya akan jelaskan bahwa kita belum bisa main, sebagai gantinya kita akan main hal yang lain misalnya.
Contohnya, “Gavin, hari ini kita ga main kesini yah, kita main motor-motoran aja, naik Panda yang tadi Gavin lihat, yuk mau yah!”
🦄 Alihkan perhatiannya. Anak kecil gampang teralih oleh hal-hal lain yang menarik perhatiannya. Saya biasanya alihkan perhatian Gavin dengan menunjuk benda-benda yang ada di sekitar ruangan dan memintanya untuk menyebutkan namanya atau mengenali bendanya.
🦄 Peluk anak dan berikan apresiasi kepadanya saat ia sudah berhenti merengek atau menangis.
🦄 Jangan berbohong, penuhi janji! Jika sudah berjanji misalnya main yang lain, atau dibelikan sesuatu, atau pergi makan sebagai ganti dari keinginannya yang tidak terpenuhi tadi, maka janji tersebut wajib ditepati agar anak tidak kehilangan kepercayaan kepada orang tuanya.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *