Sampai Kapan Orangtua Boleh Bertelanjang di Depan Anak?

Dulu waktu saya masih menggunakan jasa Sus, kalau mau ganti pakaian ataupun buang air kecil di kamar mandi, Gavin bisa saya titipin ke Sus. Tapi berhubung sekarang kan saya cuma berdua saja dengan Gavin, mau ga mau semua aktivitas seperti berganti pakaian, bahkan mau buang air kecil pun ditemani oleh Gavin. Saya ga bisa menutup pintu kamar mandi karena pasti ditangisin dan juga saya worry dia melakukan hal-hal berbahaya yang dia masih ga ngerti.

Saya rasa beberapa orangtua pun melakukannya, berganti pakaian di depan anak, bahkan mandi bersama anak. Nah, sebenarnya, sampai usia anak berapa tahun yah orangtua masih boleh berganti pakaian atau tidak mengenakan busana di depan anak?

Beberapa pakar psikologi menyebutkan bahwa sebaiknya orangtua menghentikan kebiasaannya bertelanjang di depan anak saat usianya mencapai 3-5 tahun, namun batas usia ini bisa bervariasi tergantung kepada nilai-nilai maupun budaya yang dipegang oleh masing-masing keluarga, serta bisa saja lebih cepat sebelum anak berusia 3 tahun.

Ada beberapa tanda yang bisa menjadi petunjuk bagi orangtua untuk mulai berhenti berganti pakaian di depan anak, antara lain :
πŸ’• Ketika anak mulai mengerti ketika orangtua mengajarkannya tentang anggota tubuh pribadi anak yang sebaiknya tidak ia perlihatkan saat berganti pakaian ataupun tidak boleh disentuh oleh sembarang orang.
πŸ’• Ketika anak mulai ingin mengunci pintu toilet saat ia sedang buang air kecil.
πŸ’• Ketika anak mulai merasa tidak nyaman ketika orangtua menggantikannya popok atau pakaian di depan umum.
πŸ’• Ketika anak mulai bereaksi terhadap ketelanjangan orang tuanya seperti tersenyum konyol atau tersipu malu, cekikikan, atau menutupi matanya sendiri dengan tangannya.

Jika tanda-tanda tersebut mulai muncul, orang tua hendaknya tidak lagi bertelanjang di depan anak untuk menghormati batasan dan privasi pribadi si anak karena seiring bertambahnya usia si anak, ia mulai lebih sadar akan tubuhnya sendiri.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *