Kapan Harus Berhenti Berganti Pakaian di Depan Anak & Mandi Bersamanya?

2 hari yang lalu nulis tentang nungguin Gavin bobo tapi lamaaa banget sejam-an masih ga tidur, padahal mamak sudah mules, hahaha. Mau ditinggal, anaknya ga mau. Then beberapa Moms menyarankan bawa aja anaknya ke toilet kalau gitu, hahaha. Benar, Moms, saya setuju, daripada kita tersiksa kan, hihi. Saya pernah BAK sambil gendongin dia malah, LoL. Tapi mostly saya biasanya buka pintu toilet aja. Jadi saya selesaikanlah segala urusan di toilet dengan pintu terbuka.

Eh tapi lagi, saya ga bisa melakukan itu 2 hari yang lalu. Mengapa? Karena sudah 2 bulan terakhir ini saya lagi training untuk “meninggalkan” Gavin ketika harus beraktivitas di kamar mandi / toilet. Sesuai dengan tulisan yang pernah saya share dulu di #babykidsharingmommygavin, usia 3-5 tahun adalah rentang usia yang disarankan bagi orangtua untuk berhenti berganti pakaian di depan anak, bertelanjang, mandi bersama anak, ataupun bagi para Ayah yang biasanya membantu memandikan anak perempuannya.

Para ahli menyarankan maksimal di usia 5 tahun sebaiknya anak mulai diajarkan mengenai privasi. Alasan utamanya adalah organ reproduksi anak sudah mulai berkembang sejak usia 5 tahun. Ketika organ reproduksinya berkembang, respons seksual pun bisa dirasakan oleh anak. Karenanya, sebelum usia tersebut anak pun perlu diajari untuk mandiri seperti mandi sendiri dan membersihkan area kemaluannya sendiri. Sedangkan para orangtua bisa memulai dengan menutup pintu kamar mandi saat beraktivitas di dalamnya atau menutup pintu kamar saat sedang berganti pakaian.

Jadi berhubung Gavin sudah mau memasuki usia 2.5 tahun, saya mulai melakukan training ini, karena seringkali dia tidak mau ditinggal ketika saya harus ke toilet. Mulainya bagaimana? Ini cara saya :
❣️ Supaya tidak ekstrim, selama 2 bulan ini saya lakukan dengan menutup pintu kamar mandi tapi dengan menyisakan sedikit celah. Itu pun setiap masuk toilet selalu diteriakin Gavin, “Mommy buka pintu sedikit.” Tapi lumayan yah, Gavin mulai “ikhlas” kalau harus ditinggal ke toilet.
❣️ Dulunya sometimes dia bisa nyusul masuk ke dalam toilet. Nah, saya kasih tau tuh, “Gavin ga boleh masuk lagi yah kalau Mommy lagi di toilet, ga sopan, Gavin tunggu di luar yah.” Awalnya dia masih sering nyelonong masuk beberapa kali, tapi belakangan sudah hampir tidak pernah.
❣️ Kalau lagi bepergian berdua ke Mal misalnya, Gavin kan ga mungkin ditinggal di luar toilet, jadi saya ajak masuk. Namun saat saya mau buang air, saya minta dia untuk berbalik badan dan menghadap ke pintu. So far, dia sudah mulai mengerti dan melakukannya.

Pe-er selanjutnya adalah bisa menutup pintu full saat masuk ke kamar mandi, hahaha. Target saya memang sebelum Gavin berusia 3 tahun, dia paham tentang privasi ini. At least, bisa ditinggal mamak ke toilet dengan tenang deh, demi kebaikan Gavin dan mamak juga tentunya, hahaha.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *