Tantanganku di Kehamilan Kedua

Sungguh bukannya tidak bersyukur dan mau ngeluh, tapi aku hanya ingin share realitanya, bahwa hamil kedua sambil ngurusin anak pertama, sendirian, itu buatku bener-bener tough. Rasanya jauh lebih tough daripada saat mengurusi Gavin newborn dulu.

Dulu saat Gavin newborn memang rasanya tidak mengerti apa-apa. Memang sih waktu sebulan pertama aku dibantu sama Confinement Lady, plus ada Mamaku juga. Dan meski dengan segala masalah per-ASI-an saat itu, thanks God aku bisa melewatinya dengan baik, ga sampai baby blues.

Tapi saat hamil kedua ini, sambil ngurusin Gavin yang aktif, ditambah mual-mual hampir sepanjang hari yang baru kurasakan di hamil kedua ini, plus sakit maag, ada harinya sampai-sampai aku bilang, “Yah Tuhan, kok begini banget yah.”

Semua ini kadang menjadi jika ditambah perasaan bersalah karena seakan-akan aku mengabaikan Gavin. “Mommy temanin main,” tapi Mami-nya malah hanya tiduran saja. Jujur sometimes berasa sedih loh. Aku jadi jarang nemenin Gavin main.

Sekali lagi, bukannya tidak bersyukur, I’m grateful untuk semua yang aku punya saat ini and I pray agar anak-anakku sehat semua. Aku hanya share realita yang mungkin juga sebagian bumil lain rasakan, realita yang sebelumnya ga kepikiran di aku sebelum hamil kedua ini.

Dan aku baca-baca, ada loh yang namanya pregnancy blues juga. Jadi jangan sampai para bumil mengalami pregnancy blues. Untungnya, aku punya support system yang luar biasa, yaitu suamiku. Selama masa kehamilan ini, dia support banget bantu menggantikan beberapa tugasku dalam mengurusi Gavin. Dan setiap aku cerita ke dia, aku merasa bersalah, dia akan selalu hibur aku dan kuatin aku. Thank you, suamik love

Jadi buat para suami, ingat-ingat untuk support istri kalian juga di kala mereka lagi hamil kedua, ketiga, dst yah. Mungkin dipikirnya, “Ah sama aja, kan sudah pernah hamil sebelumnya, udah tau rasanya.” Percayalah, rasanya tidak pernah sama, kondisinya tidak pernah sama 🙂 Stay strong, para bumils peluk

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *