Bagaimana Rasanya Kontrol Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19 Saat Ini?

Bagaimana rasanya harus kontrol hamil di kala situasi pandemi Covid-19 saat ini? Nano-nano!

Sejak seminggu sebelum jadwal kontrol, aku sudah mikirin skenarionya, aku harus ngapain, Gavin, suami, mesti gimana. Jujur aku neh orangnya pemikir. Jadi memang belakangan ini, aku membatasi nonton2 berita, skip IG Story orang tentang Corona, lebih banyak baca yang receh2 aja, lebih prefer ikutan doa secara Live, dan sejenisnya. Supaya apa? Supaya ga kepikiran terus. Jadinya hidupku jauh lebih tenang.

Nah, untuk jadwal kontrol ini, aku sudah mikir, secara kan ga mungkin tinggalin Gavin di rumah sama Mba ART-ku (karena aku emang ga pernah ninggalin Gavin kecuali sama ortu atau suami). Trus suami kan mesti anterin aku juga. Jadi aku putuskan, aku masuk sendiri aja untuk kontrol, suami dan Gavin tunggu di mobil.

Tadinya aku berniat tetap kontrol ke dokterku yang biasa, di RS PIK, yang sebenarnya cukup jauh jaraknya dari rumahku. Namun 1-2 hari sebelum jadwalnya, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya aku putuskan untuk pindah dokter ke RS yang dekat dengan rumahku saja. Salah satu alasan utamanya karena aku ga mungkin bawa Gavin ke RS saat aku melahirkan, ortuku kemungkinan ga bisa datang juga, jadi sepertinya aku bakal lahiran sendiri, suami jagain Gavin di rumah. Paling aku bawa Mba-ku buat nemenin aku.

Sedih? Yah, suamiku yang justru kepikiran. Katanya nanti masa aku lahiran sendiri ga ditemenin sama dia, trus berarti dia ga bisa lihat si dede bayi saat sudah lahir. Tapi mau gimana lagi, saat ini yang kepikiran seperti itu, demi kebaikan bersama di kondisi seperti ini. Aku cuma bisa berdoa semoga kondisinya nanti sudah jauh lebih baik saat waktunya aku lahiran.

Jadi dengan pertimbangan demikian, aku pindah dokter lah. Aku pikir kalau dekat lokasinya dengan rumahku, in case aku butuh sesuatu atau ada yang urgent, suami bisa segera samperin aku dari rumah.

Singkat cerita, aku pergi kontrol kehamilan di usia 31w5d dengan dokter yang berbeda. Puji Tuhan, impresi pertama kali ketemu dengan dokter ini cukup oke. Dokternya detail menjelaskan semuanya saat USG, meskipun aku ga bisa lihat wajah si dok yah. Baik dok dan sus mengenakan face-shield dan masker. Tapi karena sebelumnya aku juga sudah pernah goggling tentang dok tersebut, at least ada gambaran kok, hihi.

Hasil kontrol bagus, si baby kecil sehat2. Tapiii, aku diminta untuk kontrol lagi nanti di week 36. It means, masih 4 minggu lagi dari sekarang. Deg2an ga sih? Secara di usia kehamilan segini biasanya udah kontrol 2 minggu sekali. Namun memang karena kondisi saat ini, bumil disarankan untuk memperpanjang jarak waktu kontrol dan hanya kontrol jika terjadi beberapa kondisi yang kurang wajar. Dok-ku sebelumnya juga memang sudah memundurkan jadwal kontrolku menjadi 3 minggu sekali.

Jadi, begitulah cerita kontrol hamilku di situasi saat ini. Nano-nano karena aku cukup worry juga dengan jadwal kontrol yang mundur begini, tapi worry juga ketika mesti ke RS. Habis ini, aku bakal share persiapan apa saja ketika aku ke RS dan apa saja yang aku lakukan setelah keluar dari RS setelah kontrol hamil selesai dilakukan.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *