Kontrol ke Internis di Masa Kehamilan

Foto ini buat reminder, betapa tough-nya perjuangan hamil kedua ini. Sudah di kondisi pandemi seperti ini, diingatkan sama dok obsgyn jangan sering2 ke RS, sampai2 jadwal kontrol pun diundur, eh ini malah dalam 5 hari sudah 2x ke RS untuk berobat, fufufu.

Gegara apa? Karena batuk berhari2 tak kunjung sembuh. Aku batuk saja, ga demam, ga pilek, ga lemes, ga kenapa2 deh. Tapi tetep aja, dalam masa seperti ini pasti jadi parno, plus aku worry juga kan kalau batuk2 terus bakal berpengaruh apa ke dede bayi.

Akhirnya hari Kamis yang lalu putusin untuk periksa ke dokter internis. Then, benernya sampai hari kemarin sudah mendingan, batuknya ga seheboh pas Kamis itu, tapi yah judulnya masih batuk. Jadi kemarin pun balik lagi kontrol sesuai anjuran dokter.

Inti hasil pemeriksaannya, batuk ku ini dipicu oleh GERD, asam lambung naik. Later aku jelasin lebih detail tentang ini yah. Yang terpikir adalah, lagi? Iya, karena dari awal hamil sampai menjelang 5 bulan kehamilan kan aku juga mengalami sakit maag yang hampir tiap hari, sama seperti saat kehamilan pertama. Setelah itu sudah “bebas merdeka” dan kupikir lagi2 sama seperti kehamilan pertama, ga kambuh2 lagi sampai lahiran nanti.

Eh ternyata, sekarang kambuh lagi donk. Dan memang belakangan aku bilang sama suamik, kok aku jadi sakit maag lagi yah. Turns out, ini malah yang bikin batuk.

Gara2 batuk ini, energi aku belakangan ini berasa drained banget, habis. Nanti 1-2 hari merasa semangat pas berasa agak baikan, eh begitu besoknya batuk2 lagi, exhausted lagi.

Dan kemarin di perjalanan pulang, sambil mengelus2 perut aku mikir, “Duh berat banget perjuangan kamu bersama mamak, Nak, kamu yang kuat dan sehat2 yah.” Hiks hiks hiks…

Tapi aku percaya, dede bayi akan lahir sebagai anak yang kuat, tahan banting, tahan ujian, pantang menyerah. Karena apa? Karena banyaknya ujian yang sudah ia lalui bersamaku sejak awal hamil hingga hari ini, bahkan nanti mesti lahir di kondisi pandemi saat ini. Aku percaya, Tuhan akan jaga dia, akan jaga kami semua. Yang penting kami bertahan dan kuat melewati semua ini, semangattttt!

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *