Metode Meal Plan MPASI Declan

Yuhuuu, akhirnya aku mengikuti jejak Mak @tiffanyandkim untuk bikin Meal Plan langsung seminggu di awal begini. Biasanya sih memang aku pasti bikin rencana menu untuk beberapa hari gitu, tapi tetep dimasak per hari. Sekarang? Setelah jalani 4 hari, ternyata aku tak sanggup haha. Sambil juggling urusin Declan, Gavin, pumping, kerjaan, tambah masak, rasanya aku mau membelah diri aja, LoL.

Untunglah aku ubek-ubek postingan si mamak super @tiffanyandkim dan ketemu cara dia bikin Meal Plan seminggu di awal. Ga pake lama, aku langsung nyontek aja deh. Kalau udah Mak @tiffanyandkim yang bikin, aku udah ga perlu pusing buat riset-riset lagi, karena aku tau dia orangnya detail, pasti udah riset baca sana-sini dulu sebelum melakukan sesuatu, jadi buat kita2 yang follow akunnya so lucky, tinggal copy paste, maaciii mak 🙂

Basically caranya sama yah kayak kita bikin menu per hari aja, cuma ini langsung dibikin untuk stok makan 1 minggu. Step-step nya kurang lebih seperti ini :

  • Aku beli bahan makanan dulu buat 1 minggu ke depan. Aku masih ngikutin caraku yang dulu, kalian bisa cek di artikel “Cara Saya Berbelanja Bahan MPASI”.
  • Setelahnya, aku susun dulu menu untuk 1 minggu ke depan. Biasanya aku catat di notes di hp.
  • Aku rencananya di tiap hari Minggu untuk eksekusi menu 1 minggu ini, mumpung ada suami yang bisa bantu jaga anak2.
  • Masak sesuai rencana menu yang ada, mulai dari karbonya sendiri, sayur (nantinya aku bakal pakai food powder juga ahh untuk beberapa jenis sayur), lalu protein hewani dan protein nabati. Biasanya pas awal2 MPASI gini memang aku masih masak terpisah semuanya karena masih di tahap kukus2an. Nanti mulai gabung2 tuh pas udah masuk tumis-menumis, rencananya di usia Declan 8 bulan ke atas aja seperti waktu Gavin dulu.
  • Untuk lemak tambahan aku rencananya tambahkan langsung aja pas mau makan, jadi ga dicampurin dari awal. Untuk kaldu bisa dikasih pas masak ataupun langsung pas mau makan.
  • Setelahnya blender dan saring masing2, lalu tinggal dimasukin ke wadah container satu per satu sesuai list menu yang ada. Aku pakai Oxo Tot Container Blocks, sudah sejak zaman Gavin juga pakai ini karena praktis banget bisa langsung digunakan buat memanaskan makanan sekaligus buat wadah makan.
  • Lalu tinggal kasih label hari. Aku ga tulisin menu satu per satu lagi di label karena sudah ada catatan juga. Jadi cuma tulis nama hari aja. Trus masukin freezer deh. Aku ngikutin info dari mak @tiffanyandkim yah kalau bikin beginian bisa tahan maks. 48 jam di kulkas bawah dan 3-6 bulan di freezer.
  • Nantinya tiap malam tinggal turunin sesuai label harian untuk dipanaskan keesokan harinya. Panasinnya bisa dengan cara dikukus, masukin ke warmer atau bisa juga taruh ke bagian atas rice cooker.

Done deh, life-saver banget beginian, hahaha. Pas masaknya emang cukup pegel karena banyak yah, apalagi kalau udah makan 2x sehari, tapi cape nya sehari doank, ketimbang tiap pagi aku kelimpungan. Next aku bakal share list menu aku dan beberapa cara pembuatannya yah. Stay tune 💖

@valentcindy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *