Tips Memulai MPASI Hari Pertama

Memulai masa MPASI mestinya membuat hampir semua Mommies deg-deg-an, bagaimana reaksi anak saat pertama merasakan makanan padat di mulutnya yah, dia bakal suka ga yah, anteng ga yah duduknya, gimana cara nyuapinnya yah, nanti bakal tersedak ga yah, dan berbagai pertanyaan lainnya yang membuat Mommies harap-harap cemas. Saya juga merasakannya, bahkan saya super duper excited menghadapi hari pertama MPASI-nya Gavin. Puji Tuhan, hari pertama itu dapat dilalui dengan baik. Saya mau membagikan beberapa tips disini tentang bagaimana memulai MPASI di hari pertama.

SEBELUM HARI H

Menu & Takaran
Pertama adalah tentukan dulu menu yang mau Moms berikan kepada anaknya di hari pertama, apakah menu tunggal atau langsung menu lengkap, apakah dimulai dengan buah atau bubur, setelah itu tentukan jenis makanannya. Dengan demikian, kita sudah dapat mempersiapkan bahannya beberapa hari sebelumnya serta cara pengolahannya. Sedangkan untuk takaran, saran saya siapkan dalam jumlah yang sewajarnya, misalnya sekitar 30-40 ml atau 1-2 sdm dewasa. Jangan menargetkan anak harus makan berapa banyak, biarkan anak sendiri yang menentukan dia sanggupnya dan maunya menghabiskan berapa banyak, apalagi ini adalah hari pertama.

Frekuensi dan Waktu Pemberian MPASI
Yang kedua, tentukan frekuensi yang diinginkan untuk memberikan makanan kepada anak. Biasanya banyak Mommies yang memulai MPASI dengan frekuensi makan hanya 1x sehari (saya melakukannya seperti itu selama 2 minggu pertama masa MPASI Gavin), namun ada juga yang langsung memulainya dengan frekuensi 2x sehari. Jika sudah diputuskan, maka tentukan waktunya, misalnya setiap jam 12 siang. Sangat disarankan jika waktu pemberian makan kepada anak adalah tetap (atau paling tidak kurang lebih di jam-jam yang sama) agar anak terbiasa dengan pola makannya dan dapat membedakan bahwa waktu tersebut adalah waktu makan, berbeda dengan waktu menyusu..

Test Menu
Sehari sebelum hari H waktu itu saya membuat menu yang sama persis dengan apa yang ingin saya berikan ke Gavin pada hari pertama MPASI-nya. Memang hanya Puree Alpukat saja pada waktu itu, tapi saya tes untuk mengetahui kira-kira seperti apa tekstur yang ingin saya berikan ke Gavin, sehingga pas hari H saya sudah lancar untuk membuatnya.

HARI H

Siapkan Makanannya

Dudukkan anak di highchair / booster seat / carseat / media yang dipilih untuk mendudukkan anak
Saya selalu mendudukkan Gavin di highchair-nya sejak hari pertama dengan posisi highchair berdekatan atau menghadap ke meja makan agar Gavin tau nantinya bahwa meja makan adalah tempat ia makan.

Pasangkan bibs yang nyaman untuk dipakai

Cuci / bersihkan tangan dan berdoa sebelum makan (dan juga berdoa setelah makan)
Sejak awal saya selalu bikin ini jadi habit. Saya bersihkan tangan Gavin dengan tissue basah, lalu ajak Gavin berdoa.

Ambil sedikit makanannya di sendok, kemudian sodorkan sendok dan tempelkan ke bibir anak sambil melihat reaksinya
Kalau anak kelihatan kebingungan, tidak apa-apa, karena ini adalah pengalaman baru baginya. Mommies bisa mengajaknya makan sambil memperagakan membuka mulut dan berkata, “Aaaa,” supaya anak tau apa yang harus dilakukan. Kalau anaknya sudah bisa langsung membuka mulut, maka langsung sendokkan makanan secara perlahan ke dalam mulutnya. Waktu itu Gavin otomatis sudah langsung buka mulut bahkan kelihatan excited mau makan.

Ciptakan suasana yang menyenangkan selama makan
Mommies bisa sambil bersenandung, bernyanyi ataupun mengobrol dengan anak tentang apa yang dimakannya. Hal ini penting agar anak merasa bahwa makan itu menyenangkan, makan itu fun, makan itu bukan paksaan.

Biarkan anak yang menentukan seberapa banyak ia mau makan
Kalau anak kelihatannya sudah tidak mau atau menolak makanannya, maka saatnya untuk stop. Jangan dipaksain yah, Moms, ini adalah pengalaman pertamanya, jangan sampai dia malah trauma dengan makan.

Batasi waktu makan anak
Saya membatasi waktu makan Gavin selama maksimal 30 menit saja per sesi makan hingga hari ini supaya kegiatan makan benar-benar menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukannya membosankan.

Ingatlah untuk memberikan air putih sebelum makan, di tengah-tengah waktu makan dan setelah selesai makan.
Air putih yang diberikan secukupnya saja misalnya 1-2 sendok di awal dan kemudian di tengah-tengah saat makan, nanti di akhir baru lebih banyak supaya anak tidak kenyang duluan oleh air putih.

Terakhir, berikan apresiasi kepada anak atas usahanya yang baik di hari pertama MPASI.
Apresiasi dapat diberikan dengan pujian, tepukan tangan ataupun pelukan.

Selamat memulai MPASI yah Moms, semoga ga deg-deg-an lagi setelah membaca tips ini.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *