“Perjuangan” Memberikan Air Putih pada Anak

Siapa yang anaknya susah minum air putih? Saiaaa! πŸ™ŒπŸ» Memberikan air putih sehari-hari ke Gavin itu penuh perjuangan rasanya, perlu dibujuk-bujuk. Dalam sehari, paling hanya 1-2 kali saja dia bisa ambil straw cup-nya sendiri untuk minum. Sisanya, mesti disodorin terus-menerus, itupun paling hanya 1-2 sedot saja setiap kali minum.

Padahal, di awal MPASI, Gavin suka banget minum air putih. Kalau lagi malas makan, campurin aja makanannya dengan sedikit air putih, pasti dihabisin. Kapanpun dikasih air putih, pasti semangat. Tapi sekitar 8-9 bulan ke atas, dia mulai malas tuh minum air putih. Dan hal tersebut berlangsung hingga saat ini.

Anak-anak semestinya membutuhkan cairan yang cukup banyak, apalagi kalau mereka sangat aktif. Sekitar 70-80% kebutuhan air anak didapatkan dari minum air. Sisanya berasal dari makanan. Jadi memang kita perlu concern untuk memberikan anak minum air putih. Kebutuhan cairan bagi anak per hari yaitu :

❣️6-12 bulan : 58-118 ml

❣️1-3 tahun : 1200 ml (4-5 gelas)

❣️4-6 tahun : 1500 ml (6 gelas)

❣️7-9 tahun : 1900 ml (7-8 gelas)

❣️10-18 tahun : 2000 ml (8 gelas)

Mau tau berapa total minum Gavin dalam sehari? Paling hanya sekitar 500 ml πŸ˜… Meski demikian, selama ini dia tidak pernah mengalami dehidrasi karena selalu saya pantau frekuensi pipisnya. So far, usaha yang saya lakukan untuk memenuhi kebutuhan air putihnya adalah :

πŸ’• Setiap 1 jam saya sodorkan straw cup-nya supaya dia minum, meski hanya seteguk-dua teguk tidak apa-apa, yang penting minum (kalau tiap setengah jam biasanya ditolak sama dia, huhu).

πŸ’• Sebelum makan, kasih air putih sedikit.

πŸ’• Setelah makan, sekarang saya hitungin sampai 10 detik supaya dia sedot terus minumannya (kalau tidak begini, paling hanya 1-2 sedot berhenti).

πŸ’• So far biasanya sebelum tidur, Gavin bisa minta air putih, jadi ini kesempatan supaya dia bisa minum air yang banyak.

Kalau Moms, ada tips lainnya kah supaya anak rajin minum air putih?

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *