Porsi Berkat

“Hidup” di dunia sosial media terkadang bisa membuat kita menjadi sedikit (atau banyak) tidak bersyukur atau bahkan merasa iri dengan kehidupan orang lain.
“Enak yah dia jalan-jalan mulu.”
“Wah, asik banget baru beli tas baru / mobil baru.”
“Anaknya kok pinter banget sih, ga kayak anak g.”
“Kok anak g ga selahap anaknya pas makan yah?”
Dan, saya yakin masih banyak lagi kalimat serupa lainnya.

Memang yah, rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau. Tapi, bagaimana mungkin mengharapkan “rumput” di halaman kita juga jadi lebih hijau jika kita tidak pernah menyiraminya karena terlalu sibuk ngintip ke halaman tetangga? 🙂

Setiap orang, setiap keluarga, setiap anak, punya porsi berkat mereka masing-masing, termasuk diri kita.
Orang lain bisa jalan-jalan, atau beli mobil baru, mungkin mereka rela kerja lembur dan nabungnya sudah dari setahun yang lalu jadi baru sekarang kesampaian niatnya.
Beli tas baru atau sepatu baru, mungkin itu adalah tas dan sepatu pertama yang mereka beli lagi setelah setahun “puasa” ga beli barang baru.
Anaknya pinter banget, anaknya suka makan, tapi mungkin anaknya telat bicara, atau anaknya cranky tiap waktu tidur tiba, bukankah tiap anak unik dan punya kelebihannya masing-masing?

Jadi, kalau kita merasa, “Enak banget yah hidup mereka”, ingatlah pula untuk melihat berkat apa yang sudah kita terima selama ini. Kita sering lupa “menghitung” berkat kita sendiri, karena bagi kita kelihatannya kecil. Padahal, berkat yang kecil-kecil itu kalau ditumpuk jadi banyak juga, bukan?

Dan satu lagi, tidak selamanya yang kita lihat terpampang indah di halaman sosial media seseorang itu adalah cerminan hidupnya yang sesungguhnya. Some of them are fake; some of them lebih bijaksana untuk memilih apa yang mereka ingin orang lain lihat, simply karena mereka tidak suka “menjual” masalah yang mereka punya.

Setiap orang punya porsi berkatnya masing-masing. Sudahkah kamu mengucap syukur hari ini, Moms? 🙂

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *