Gerakan Emut Makanan (GEM), Mengapa & Bagaimana Mengatasinya?

Hai Moms, kali ini saya mau share tentang Gerakan Emut Makanan (GEM). Saya sebenarnya tidak terlalu berpengalaman akan hal ini karena puji Tuhan hal ini tidak terjadi pada Gavin. Pernah dilakukan oleh Gavin di satu masa, tapi hanya berlangsung beberapa hari dan itupun di akhir-akhir sesi makan. Karena saya langsung bisa mendeteksi penyebabnya, maka setelah 3-4 hari pun Gavin tidak pernah lagi melakukannya.

Meski tidak punya banyak pengalaman dalam hal ini, tapi berdasarkan survey saya sendiri dengan melihat pengalaman Mommies di sekitar saya maupun dari yang saya baca, beberapa hal yang menyebabkan anak melakukan GEM yaitu :
πŸ’• Anak dipaksa makan
Karena dipaksa makan, ia pun melakukan melakukan protes dengan GEM. Anak merasa makan adalah hal yang tidak menyenangkan dan menyiksa.

πŸ’• Anak takut dimarahi oleh Ibunya atau tidak mau mengecewakan Ibunya, padahal ia sedang tidak mau makan
Ia pun tetap membuka mulutnya untuk makan namun kemudian hanya diemut saja.

πŸ’• Sesi makan terlalu lama
Sesi makan baiknya dibatasi hanya 30 menit, namun seringkali demi menghabiskan makanannya, anak diberikan makan dalam sesi makan yang lama mencapai 1-2 jam. Akibatnya anak lagi-lagi anak merasa makan itu tidak menyenangkan dan membosankan. Moms bayangkan kalau kita sendiri yang makan selama 1 jam, pastinya makanannya juga sudah dingin dan tidak enak, demikian pula yang dirasakan oleh si anak.

πŸ’• Porsi makan terlalu banyak, padahal anak sudah kenyang
Terkadang porsi makan anak diberikan berlebih dan tidak sesuai dengan kapasitasnya, padahal kemampuan makan tiap anak berbeda-beda. Hal inilah yang awalnya terjadi pada Gavin. Saya memberikan porsi makan lebih banyak dari biasanya dengan anggapan karena ia sudah semakin besar maka porsi makannya bertambah. Ternyata tidak demikian. Karena Gavin sudah kenyang, di akhir sesi makan biasanya dia mulai mengemut makanannya. Akhirnya saya memilih untuk menggunakan porsi makan yang sama sejak berusia 11 bulan hingga 18 bulan daripada saya harus memaksa Gavin makan lebih banyak dan berujung dia melakukan GEM.

πŸ’• Anak bosan dengan makanannya yang itu-itu saja
Akibatnya dia pun tidak semangat untuk makan sehingga diemut saja makanannya. Untuk ini, Moms perlu memvariasikan jenis makanannya dan bisa gonta-ganti jenis karbo, tidak melulu harus dengan nasi putih.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *