Kapan Anak Boleh Mulai Minum Susu UHT?

Moms, selama ini masih banyak yang bertanya, sebenarnya usia berapa anak boleh diberikan minum susu UHT? Kok Gavin baru 18 bulan sudah boleh minum susu UHT, bukannya harus 2 tahun yah?

Sebelumnya, kita cari tau dulu apa itu susu UHT. Dilansir dari situs alodokter.com, susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora dan mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat ini dapat menyelamatkan nilai gizi dari susu tersebut.

Susu UHT sendiri tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi berusia di bawah 1 tahun karena sistem pencernaan anak di bawah usia satu tahun belum dapat mencerna susu sapi, selain dalam bentuk susu formula. Jika anak sudah berusia di atas 1 tahun, maka pemberian susu UHT SUDAH diperbolehkan yah, Moms, selama tidak ada riwayat alergi susu sapi ataupun intoleransi laktosa. Dalam setiap kemasan susu UHT tertulis saran usia pemberian mulai dari 2 tahun karena mendukung program pemberian ASI sampai usia 2 tahun.

Pilihlah susu UHT yang bukan rendah lemak, karena anak-anak masih membutuhkan kandungan lemak yang ada pada susu untuk pembentukan sistem saraf dan otak mereka. Dan untuk awal-awal, mulai dengan yang rasa Plain dulu karena rasa ini yang paling sedikit kandungan gulanya.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *