Mengapa Kepala Bayi Berkeringat Saat Tidur?

Saya rasa hampir semua Moms akan menghadapi satu permasalahan yang sama saat bayi / anaknya tidur yaitu kepala bayi yang berkeringat. Begitu pula dengan Gavin. Sejak bayi bahkan sampai sekitar 3 minggu yang lalu, hampir di setiap sesi tidur terutama saat baru terlelap, kepala Gavin akan basah oleh keringat. Biasanya langsung saya gerak cepat ambil tissue dan lap supaya dia tidak terbangun.

Sebenarnya, mengapa kepala bayi sering sekali berkeringat pada saat ia tidur, padahal kita sebagai orang dewasa merasa bahwa suhu udara sudah cukup nyaman? Kepala bayi yang sering berkeringat pada saat tidur merupakan hal yang normal terjadi selama tidak berlebihan dan tidak menunjukkan tanda-tanda tidak sehat pada si anak. Kondisi kepala bayi yang keringatan tersebut disebabkan oleh :
❣️ Bayi / anak mempunyai kelenjar keringat aktif yang terbanyak di kepalanya. Hal ini membuat kepalanya jauh lebih sering berkeringat dibandingkan anggota tubuh lainnya.
❣️ Bayi / anak biasanya akan masuk dalam fase tidur lelap (deep sleep) yang lebih lama daripada orang dewasa. Biasanya hal ini menyebabkan ia tidur dalam posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama sehingga menimbulkan kegerahan dan keringat pada area kepalanya.

Selain kedua faktor di atas, faktor lain yang ikut menambah jumlah keringat bayi saat ia tidur adalah penggunaan bantal. Kepala bayi yang keringatan akan membuat bantalnya menjadi basah dan pengap, otomatis hal ini semakin memperbanyak keringat bayi. Akibatnya, kepalanya pun semakin basah dan tidurnya menjadi terganggu.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *