Mengapa Memulai MPASI di Usia 6 Bulan?

Seperti yang kita tau pada umumnya, bayi mulai diperkenalkan pada makanan padat atau memulai masa MPASI-nya adalah pada saat ia sudah berusia 6 bulan. Namun tidak jarang beberapa ibu mulai tidak sabar untuk memberikan makanan padat bagi anaknya lebih cepat dari yang seharusnya, misalnya di usia 4 bulan karena melihat tanda-tanda seperti bayi sudah bisa memasukkan jarinya ke mulut atau ingin minum ASI/ susu lebih banyak dibandingkan biasanya, padahal belum tentu tanda tersebut menunjukkan bahwa bayi sudah siap untuk makan.

Sebenarnya keputusan itu balik lagi ke ibunya masing-masing yah, namun ada baiknya kita tau mengapa bayi disarankan untuk memulai MPASI pada saat ia telah genap berusia 6 bulan.

Beberapa alasan mengapa MPASI sebaiknya diperkenalkan pada saat bayi berusia 6 bulan, yaitu :
šŸ’• Kebutuhan gizi pada bayi di atas usia 6 bulan meningkat, sehingga ia membutuhkan asupan gizi selain daripada ASI / susu yang selama ini ia konsumsi. ASI pun sudah tidak mencukupi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh bayi pada usia ini.

šŸ’• Sistem pencernaan bayi di usia 6 bulan sudah berkembang dengan baik sehingga ia mampu mengolah, mencerna, serta menyerap protein, lemak, dan karbohidrat dari bahan makanan selain ASI. Ginjalnya juga sudah berkembang dengan baik sehingga mampu mengeluarkan produk sisa metabolisme, termasuk dari bahan pangan tinggi protein seperti daging. Sedangkan sebelum berusia 6 bulan, enzim pencernaan dan kekebalan usus bayi belum sempurna sehingga muncul potensi gangguan pencernaan seperti sembelit, ataupun potensi alergi dan intolerasi terhadap makanan.

šŸ’• Kemampuan bayi usia 6 bulan dalam hal mengunyah dan menelan semakin berkembang sehingga mengurangi resiko tersedak saat makan.

šŸ’• Perkembangan motorik kasar bayi juga meningkat seperti mulai dapat duduk dan menegakkan kepalanya, meraih benda dan memasukkannya ke mulut, sehingga akan sangat membantu dalam proses pengenalan makanan padat pertamanya.

Namun pada beberapa kasus tertentu misalnya berat badan bayi yang terus-menerus tidak mengalami kenaikan bahkan kurang daripada yang seharusnya, maka MPASI Dini bisa saja dilakukan, misalnya di usia 5 bulanan, tentunya atas petunjuk dan konsultasi dengan DSA masing-masing. Semoga bermanfaat šŸ™šŸ»

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *