Yang Perlu Diperhatikan Saat Anak Jatuh dari Ranjang

Saat Gavin jatuh dari ranjang menjadi hari yang menyedihkan buat saya. Waktu itu Gavin baru berusia 11 bulan. Saya tidak akan pernah lupa suaranya saat jatuh. Seharian saya merasa sedih dan menangis, rasa bersalah dan khawatir campur aduk menjadi satu. Tapi dari situ saya belajar, penanganan apa saja yang bisa dilakukan dan hal apa saja yang perlu diperhatikan saat anak terjatuh dari ranjang ataupun tempat tinggi.

Informasi ini saya dapatkan dari dokter ketika saya membawa Gavin ke UGD saat itu, yaitu :
๐Ÿ’• Periksa kondisi kepala dan badan anak untuk memeriksa apakah ada benjol atau memar yang terjadi. Untuk bagian kepala dapat diraba secara perlahan, sibakkan rambutnya dan dilihat secara teliti. Kemudian buka pakaian anak sejenak untuk memeriksa bagian punggung, dada, pinggul dan bokong.

๐Ÿ’• Jika ditemukan benjol atau memar pada bagian kepala atau bagian tubuh lainnya, dapat dilakukan kompres dengan es selama 1×24 jam pertama. Kompres setiap beberapa jam sekali. Lewat dari 24 jam maka bekas benjol atau memar tersebut dapat dipakaikan Thrombophob, Zambuk atau YLO Lavender.

๐Ÿ’• Perhatikan kondisi anak selama hari itu, apakah terjadi muntah, kurang nafsu makan, lebih rewel, lemas, tidur terus dan tidurnya dalam atau susah dibangunkan. Jika terjadi salah satu dari ciri-ciri tersebut, hendaknya anak segera dibawa ke RS.

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *