You’ll Never be Alone

Dulu, waktu saya akhirnya harus merelakan kasih Sufor ke Gavin dan ujung-ujungnya pun tetap ga bisa kasih full ASI,
dulu, waktu Gavin kolik,
dulu, waktu Gavin sering tersedak saat minum susu,
dulu, waktu Gavin sakit pertama kalinya bahkan harus dirawat inap di RS,
dulu, waktu Gavin pertama kali mogok makan,
saya bertanya kepada Tuhan, “Kenapa, Tuhan, kenapa saya, kenapa ini terjadi pada saya? Sepertinya saya memang bukan Ibu yang baik bagi anak saya.”
Dan saya berpikir, hanya saya sendiri yang mengalaminya.

Bahkan kemudian ketika Gavin beranjak toddler, ketika terkadang saya berpikir bahwa saya Ibu yang kurang sabar, sering marah-marah, Ibu yang kurang bijaksana, anak saya aktif, ga bisa diam, tapi anak saya juga takut ketika bertemu dengan orang-orang baru, saya masih sering berpikir, “Apa ini saya saja yang mengalaminya? Apa cuma saya yang ga bisa lebih sabar terhadap anak saya?”

Namun seiring berjalannya waktu, dengan sering membaca, dengan sering sharing, saya tau jawaban dari pertanyaan-pertanyaan saya selama ini. Dengan segala kekurangan saya, dengan segala kekurangan anak saya, apakah itu menjadikan saya sebagai Ibu yang tidak baik?
Ternyata tidak.
Saya jadi tau, baik atau tidaknya si Ibu tidak diukur dari ketidaksempurnaannya, karena tidak ada manusia yang sempurna, termasuk seorang Ibu.

Dan yang terpenting, ketika saya mengalami kesulitan dengan diri saya sendiri ataupun dengan anak saya, ada pula Ibu-ibu di luar sana yang juga mengalaminya.
Saya tidak sendirian.
Jadi saya mau bilang kepada Mommies di luar sana, ketika saat ini kamu sedang struggling, kamu sedang berjuang, kamu sedang merasa hopeless, merasa tidak baik, merasa kurang, merasa lelah, KAMU TIDAK SENDIRIAN.

Sebagian dari Ibu-ibu di luar sana juga pernah atau bahkan juga sedang mengalaminya. Dan kalau mereka, juga saya, kami bisa melewati semua tantangan itu, maka kamu juga bisa, Moms, selama kamu terus percaya, berdoa dan berusaha. Kamu tak pernah sendirian, you’ll never be alone *hug*

@valentcindy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *